jump to navigation

OISCA SUKABUMI TRAINING CENTER 12,Oktober 2008

Posted by aizoo in BERITA.
trackback

OISCA SUKABUMI TRAINING CENTER

SELEKSI CALON SISWA ANGKATAN XXVII

WILAYAH JAWA BARAT TAHUN 2008 / 2009

Memasuki tahun ajaran baru, OISCA Sukabumi Training Center telah mengadakan kembali seleksi calon siswanya untuk angkatan ke XXVII tahun 2008 / 2009. Kegiatan ini diadakan selama 3 hari dari tanggal 17 Oktober 2008 sampai dengan tanggal 19 Oktober 2008. Peserta yang mengikuti seleksi ini sebanyak 19 orang dan berjenis kelamin laki-laki semuanya alias no lady but just man, tapi sebenarnya perempuan juga boleh sih…cuma kebetulan saja untuk tahun ini tidak ada. Mereka berasal dari berbagai daerah di jawa barat seperti : Bogor, Majalengka, cianjur, dan dari Sukabumi sendiri.
Untuk tahun ini sebenarnya berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya dimana para peserta yang diselaksi hanya sewilayah jawa barat saja padahal untuk tahun sebelumnya seleksi calon siswa meliputi jawa barat, banten dan DKI jakarta. Alasannya…karena ada perubahan beberapa program pelatihan sebagai suatu inovasi yang baru, jadi ada pembatasan kuota peserta pelatihan dari perwakilan masing-masing daerah se-indonesia.

O ya, Pasti para pembaca semua penasaran dong mengenai bagaimana kita dapat mengikuti seleksi tersebut supaya kita bisa belajar atau mengikuti pelatihan di OISCA Sukabumi TC ini. Memang ada ketentuan dan persyaratan yang kudu dipenuhi oleh siapa saja atau calon peserta yang pingin ikutan seleksi menjadi calon siswa di OISCA Sukabumi Training Center yaitu sebagai berikut :
1. Siapa saja yang berumur 18 sampai 28 Tahun boleh ikutan
2. Statusnya masih lajang atau belum merried
3. Pendidikan terakhir minimal SLTA
4.Tidak sedang mengikuti pendidikan lain atau tidak sedang bekerja disuatu lembaga lain
5. Mengirimkan lamaran yang berisi :
a. Copian ijazah terakhir
b. Copian KTP
c. Surat Keterangan Catatan Kepolisian, tentu saja dari kepolisian
d. Surat keterangan sehat dari dokter
e. Surat keterangan belum menikah dari Kantor Urusan Agama ( KUA/kantor catatan sipil)
f. Surat ijin dari ortu ( orang tua )
g. Surat rekomendasi dari pengirim calon siswa ( yang ni bagi mereka yang berasal dari luar daerah jawa barat )
h. dan yang terakhir pas foto ukuran 2×3 dan 3×4 masing-masing 2 lembar
6. Selanjutnya selama mengikuti selaksi atau pelatihan diwajibkan pada semua peserta untuk tinggal di asrama yang telah di sediakan.
7. Nah bagi mereka yang berasal dari luar daerah jawa barat, banten dan jakarta, kegiatan
selaksinya dilakukan di daerahnya masing-masng oleh para alumni OISCA sebagai perwakilan di daerah.
8. Dan Syarat yang terakhir bagi calon siswa yang di terima kudu daftar ulang lagi pada saat masuk ke OISCA Sukabumi Training Center.

Baiklah kita sambung lagi nanti di belakang mengenai prosedur untuk bisa masuk dan belajar di OISCA Sukabumi Training Center, sekarang kita ceritain dulu perjalanan para peserta yang mengikuti seleksi kemarin

Ni dia, panitia penyelenggara sudah menyediakan skenario dan jadwal selaksi selama 3 hari buat para peserta :

ORIENTASI DAN PERKENALAN

Satu hari sebelum pelaksanaan kegiatan seleksi dimulai, para peserta sudah mulai datang ke OISCA Sukabumi TC dan hal itu memang diwajibkan bagi semua peserta untuk datang tepat waktu pada hari rabu tanggal 16 Oktober 2008 sebelum jam 5 sore atau sebelum makan malam, jika melebihi waktu yang di tentukan, panitia mempunyai sanki khusus dong… Anda mau tau Sankinya?Ssssttt..Rahasia atuh…
Setelah beristirahat dan makan malam, tepat pada jam 7 malam, kegiatan seleksi segera dimulai kembali, diawali dengan perkenalan dari para peserta seleksi dan seluruh anggota direksi serta managemen OISCA Sukabumi TC, dan tidak ketinggalan para senior / angkatan sebelumnya berikut siswa magang dari SPMA Sukabumi.

Kemudian kegiatan dilanjutkan dengan orientasi mengenai jadwal pelaksanaan kegiatan seleksi selama 3 hari yang harus diikuti oleh para peserta. Kemudian dijelaskan pula mengenai profil OISCA, peraturan dan tata tertib yang harus di perhatikan oleh setiap orang yang berada di OISCA TC tanpa terkecuali, termasuk para peserta selaksi sendiri. Untuk malam pertama, jadwal kegiatan seleksi cukup sampai disitu, hanya perkenalan dan orientasi, takutnya para peserta sudah kecapean karena perjalanan, tu liat aja matanya udah 5 watt, kita lanjutkan aja besok….

Hari Pertama
Sesuai dengan jadwal yang telah tercantum, untuk hari pertama pelaksanaan kegiatan seleksi ini di awali dengan test tertulis pada pagi harinya, tepat pada jam 7. Ada dua materi test yang wajib diikuti oleh para peserta yaitu materi tentang pengetahuan secara umum dan pengetahuan mengenai pertanian. Ntu dia gambarnya…

Nah…setelah kedua test tertulis berakhir, selanjutnya para peserta dipersiapkan untuk mengikuti test sikap dan kedisiplinan, keseriusan dan sebagainya, dan juga test kesehatan. Pokoknya test yang berhubungan dengan sikap dan body para peserta. Dan test ini di sajikan dalam bentuk test Baris Berbaris ( PBB ). Kegiatannya dilakukan di lapangan terbuka tapi untungnya cuaca sangat mendukung karena pada saat itu langit sedikit mendung….siaaap gerak.
Masih dalam hari yang sama, pada siang harinya setelah makan siang dan beristirahat selama 1,5 jam, para peserta seleksi disediakan kembali paket untuk test kesehatan lewat test fisik ntu…dengan berlari + 2 KM, kira-kira…

Hari yang kedua
Karena sebagian besar kegiatan pelatihan di OISCA Sukabumi Training Center ini di fokuskan pada praktek langsung di lapangan, maka tidak heran kegiatan seleksi calon siswanya pun lebih di utamakan pada test secara fisik dilapangan dengan tujuan supaya para peserta yang lolos seleksi nantinya akan siap mengikuti pelatihan sebenarnya. Dan untuk kegiatan hari yang kedua ini para peserta dituntut untuk mengekspresikan pengetahuan dan kemampuannya dalam bidang pertanian secara langsung di lapangan, dengan dibekali cangkul dan garpu mereka di uji kemampuannya, ya Cuma disuruh buat lobang tanam si,,,. Dan para pembaca semua bisa lihat sendiri ekspresi mereka…
Mereka benar-banar bersemangat…


Minna san GANBATTE KUDASAI…

Hari ketiga
Pada hari ketiga ini merupakan hari terakhir para peserta selaksi mengikuti test, tapi testnya tidak mengandalkan otot lagi melainkan hanya bercakap-cakap atau interview, dimana test ini untuk mengetahui seberapa besar minat dan keseriusan para peserta untuk mengikuti pelatihan serta nantinya mereka akan menjadi calon siswa training Utama angkatan 27 di OISCA Syukabumi Training Center, karena dari kesemuannya peserta yang mengikuti seleksi tersebut hanya sebagian atau beberapa orang saja yang mempunyai peluang untuk bisa mengikuti pelatihan.
Setelah itu pada hari yang sama setelah test interview ini berakhir, maka selesai sudah semua kegiatan seleksi calon siswa selama 3 hari di OISCA Sukabumi Tc, kemudian kegiatan pun di tutup secara langsung oleh Direktur TC yaitu Bpk Muhamah Halid dan diakhiri dengan foto bersama dan berpamitan. setelah itu para peserta di persilahkan untuk kembali lagi ke rumah masing-masing.

Kami segenap panitia penyelenggara seleksi calon siswa angkatan XXVII, OISCA Sukabumi TC tahun 2008, mengucapkan selamat jalan, mohon maaf jika ada kesalahan, sampai berjumpa kembali..
SALAM SUKSES…..

Nah,bagi siapa saja para pembaca semua yang berminat mengikuti pelatihan di bidang pertanian organik dan semi organik, permeubelan, dan peternakan ayam organik, silahkan kirimkan saja aplikasi anda atau anda bisa datang langsung ke OISCA Sukabumi Training Center
di Jl. Palabuhanratu, Kp. Cimenteng Rt.01/05, Ds.Sukamulya, Kec. Cikembar, Kab.Sukabumi, Jawa Barat. Telp. (0266) 321423
Dan bagi para pembaca semua yang berada di luar Jawa Barat, bisa menghubungi perwakilan kami didaerah diantaranya :
- OISCA Training Center Karanganyar
Jl TP Joko Songo KM 1,2 Doplang, Karangpandan, Karanganyar , Jawa Tengah. Telp. 0271-7007911, 0271-662922
- Perwakilan OISCA Lampung, Sumatera Selatan dan Jambi
- Lampung (Sutadi)
RT.08/03 Ds. Argomulyo, Kec. Sekampung, Kab. Lampung Timur
- Sumatera Selatan (Mahmudin)
Ponpes Daarul Abroor Tirtaharja, Air Sugihan, Jalur 14, Kec. Muara Padang, Kab. Musi Banyu Asin, Sumatera Selatan
- Jambi (Sugiyarno)
Tromol Pos 26 Rimbo Bujang, Muara Bungo, Jambi 37253
Perwakilan Klaten-Yogyakarta (Prihatin)
Jl. Pramuka No. 48 Klaten, Jawa tengah 57412
Telp. 0812-2610699
- Perwakilan Jawa Timur (Ahmad Rifandi Suget)
Jl. HP Kusuma No. 10 RT.03/05, Pamolokan, Sumenep Madura.
- Perwakilan OISCA Lombok, NTB (Sri Mulyati)
• Jl. Dewi Sartika No. 26 Rt.5, Kp. Oloh Kel. Monjok, Mataram-NTB 83122 Telp. 0370-681311
• OISCA NTT (Bambang Sudarsono)
• Jl. Adi Sucipto, Lingkungan Tengah , RT.01/01, Fenfui, Kec. Maulafa, Kupang 85361
• Perintis Perwakilan OISCA Sulawesi Selatan (Muhamad Hilal)
- Jl. Laga ligo No. 02 Palopo, Sulawesi Selatan
• Tel. 0471-21312 E-mail: lagaligo02e.yahoo.com
- Jl. Andi Weru No. 9 Masamba, Kab. Luwu Utara, Sulawesi Selatan 91961 Tel. 0473-213385
• Perintis Perwakilan OISCA Kalimantan Timur
• (Suparjo)
• RT. 01/01 Gunung Habang, Muara Sembilang, Samboja, Kantor Pos , Muara jawa, Kutai Kalimatan Timur Tel. 081-25819893
• Kantor Perwakilan OISCA Internasional
• Komplek Ruko Bank ASPAC
• Jl.Kedoya Raya KAv. 72 No. 12 Pesing
• Jakarta Barat 11520
• Telp/Fax. 021.56960805

O ya, Disamping program pelatihan reguler, OISCA Sukabumi Training Center juga memberikan kesempatan kepada siapa saja yang ingin melaksanakan magang dengan materi pelatihan yang sama dengan siswa Training Utama dan diwajibkan tinggal di asrama, serta membayar biaya magang. Untuk lamanya terserah para peminat, OISCA membuka paket bebas.
Kemudian untuk sekedar kunjungan atau study banding pun kami membukakan pintu bagi siapa saja yang beminat dengan catatan memberikan konfirmasi terlebih dahulu kepada pihak OISCA.
Dan ini dia alamat lengkapnya :

OISCA SUKABUMI TRAINING CENTER
Kp. Cimenteng Rt. 01/05, Desa. Sukamulya, kec. Cikembar, kab. Sukabumi, Jawa Barat 43161
Telp. 0266-321423 Fax. 0266-321347
Email : oiscasukabumi@yahoo.com

Dan saya yakin diantara para pembaca semuanya, masih banyak yang mempunyai tanda tanya besar mengenai OISCA, siapa itu OISCA, gimana seluk beluk OISCA, dan apa tektekbengek OISCA? Begitu kan? Mungkin kalo secara detail butuh waktu yang lam untuk menjalaskannya tapi untuk sementara para pembaca bisa membaca secara singkat apa itu OISCA.

O I S C A
OISCA (Organization for Industrial, Spiritual and Cultural Advancement) Internasional adalah suatu organisasi non pemerintah atau Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) yang berpusat di Jepang dan telah memiliki cabang di berbagai negara khususnya Asia Pasifik. Sebagai organisasi nir-laba OISCA bertujuan meningkatkan semangat berkarya pada diri masyarakat khususnya di negara berkembang.
OISCA didirikan pada tanggal 6 Oktober 1961 oleh DR YONOSUKE NAKANO yang kemudian dipilih sebagai presiden OISCA pertama. Memprakarsai sejumlah konperensi bertaraf internasional dengan maksud untuk meningkatkan kerjasama antar golongan dalam segala bidang, dengan tujuan untuk menghasilkan dunia yang serasi dan masa depan dunia yang damai.
OISCA Internasional mulai mengadakan kerjasama dengan pemerintah Republik Indonesia yaitu dengan ditandatanganinya suatu perjanjian pada tanggal 5 Januari 1979. Persetujuan ini beberapa kali mengalami perubahan dan terakhir kali berbentuk “Memorandum of Understanding” dengan Departemen Luar Negeri Republik Indonesia yang ditandatangani pada tanggal 19 Juni 1989.
Sedangkan untuk program pelatihan telah berjalan sejak tahun 1981 di Cibubur Jakarta dan sekarang dilaksanakan di Desa Sukamulya, Kecamatan Cikembar, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat, dengam nama OISCA Sukabumi Training Center

Materi yang dilaksanakan di OISCA Sukabumi TC saat ini yaitu :
1. Pertanian Umum
2. Pertanian Organik
3. Pembibitan Tanaman Keras
4. Peternakan Ayam Kampung Organik
5. Manajemen Usaha Tani
6. Mekanisasi Pertanian
7. Permeubelan (untuk putera)
8. Pemberdayaan Wanita (untuk puteri)
9. Kewiraswastaan
10. Lingkungan Hidup
11. Sikap, Mental dan Kedisiplinan
12. Bahasa Inggris
13. Bahasa Jepang
14. Study Banding

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: